Langsung ke konten utama

Modellstudiengang Kedokteran di Universitas Cologne - Vorklinik



Sekolah kedokteran merupakan salah satu jurusan yang diminati oleh bagian besar pelajar baik di Indonesia maupun di jerman. Baik pelajar warga negara jerman maupun pelajar asing di jerman harus berusaha keras untuk mendapatkan kursi di universitas. 

Berbeda dengan di Indonesia yang membuka pendaftaran dan mengadakan seleksi berkas maupun ujian masuk bagi mahasiswa baru hanya sekali dalam setahun, tidak sedikit Universitas di Jerman yang membuka penerimaan mahasiswa baru 2 kali dalam setahun yaitu untuk Wintersemester (sampai 15. Juli) dan juga Sommersemester (Sekitar November sampai 15. Januari). Faktanya memang lebih banyak juga pilihan universitas saat Wintersemester di bandingkan saat Sommersemester. Namun sama saja jika mulai kuliah dari summer- atau wintersemester, itu sebenarnya bergantung juga dengan kesiapan berkas yang dibutuhkan dan juga sesuai universitas yang diminati.
Di kesempatan kali ini saya mau menjelaskan sistem kuliah kedokteran di universitas saya ,yang letaknya di cologne, negara bagian Nordrhein Westfalen.
Peta Jerman -Sumber : https://www.germany-insider-facts.com/german-states.html





Di Jerman ada 2 sistem kuliah kedokteran yaitu Modellstudiengang (kurikulum baru) yang berbeda dengan namanya Regelstudiengang (kurikulum lama).
Modellstudiengang ini memiliki tujuan untuk mendidik para mahasiswa bersamaan dengan teori  juga praktek di sepanjang berjalannya studi kedokteran selama 13 Semester, terdiri dari 4 semester Vorklinik dan  6 Semester Klinik dan satu tahun Praktisches Jahr (Tahun Praktek)
. Sistem ini juga masih terbilang baru dan ditawarkan oleh beberapa universitas di jerman. 
(Daftar dan informasi dasar mengenai Modellstudiengang bisa dibaca dalam bahasa jerman di alamat ini :https://www.thieme.de/viamedici/vor-dem-studium-infos-zum-medizinstudium-1493/a/modellstudiengaenge-medizin-3737.htm)




Salah satu Modellstudiengang yaitu di Universitas Cologne dimana saya memulai kuliah saya. Sejak Wintersemester 2003/2004 universitas cologne hanya menawarkan sistem kurikulum baru untuk jurusan kedokteran. Pengajaran materi dari bidang studi klasik seperti (pengobatan internal, operasi, neurologi, pediatri, dll) digantikan dengan 5 macam kelompok:

1. Kompetenzfeld (Bidang Kompetensi)
Bidang kompetensi mencakup gambaran klinis dari gejala penyakit umum. di tabel berikut adalah materi yang ditawarkan dalam 4 Semester pertama . Dalam satu semester pelajar di sarankan untuk mengikuti beberapa mata kuliah kecil ini sekaligus. Kompetenzfeld juga berlangsung singkat, biasanya 3 sampai 5 kali pertemuan kuliah @45 atau 90 Menit dan diakhiri dengan ujian presentasi, ujian tulisan, atau menulis essai. 
Untuk melanjutkan ke tingkat Klinik (Semester 5) harus minimal 16 dari 18 Materi kuliah ini dituntaskan.


Semester
Materi
Semester
Materi
1
Bewusstseinsstörungen
3
Blut im Stuhl
Erkältungskrankheiten
Thoraxschmerz
Hyperglykämie
Obstipation
Impfungen
Rückenschmerz
Tod und Trauer
Zahnheilkunde
Zahnheilkunde
4
Herzinsuffizienz
2
Husten
Sehstörungen
Hypertonus I
·        Säure-Basen-Haushalt und Elektrolytstörungen
Hörstörungen

HIV


2. Pengajaran berorientasi Praktek (KISS)
Universitas menyediakan tempat (di universitas saya namanya Skill-labor )dan bidang studi untuk melatih kemampuan kemampuan dasar dalam praktek pekerjaan yang sangat mendasar (contohnya: pertolongan pertama dalam keadaan darurat,seperti kecelakaan mobil,dsb.)

3.Pengajaran berorientasi pada Pasien (Studipat)

Uniknya di univ. cologne diwajibkan juga dari semester pertama untuk mengambil Studipat (Studienbegleitende Patientenbetreuung = Pelajaran dalam mendampingi Pasien). Dalam mata kuliah Studipat ini mahasiswa ditugaskan mendampingi satu pasien sepanjang masa studinya. Di setiap semester ada tugas tugas tertentu sebagai kewajiban dalam bentuk laporan. 

4.Pengajaran berorientasi dengan ilmu pengetahuan 

Dalam sepanjang studi baik saat semester Vorklinik dan semester Klinik  mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek ilmiah dan juga sukarela ikut serta dalam penelitian penelitian yang menarik sesuai minat. Proyek ilmiah ini harus dikumpulkan pada saat sebelum akhir semester 4 dan lumrahnya bisa dimulai dari semester 2 awal untuk dikerjakan. Proyek ini juga tidak langsung merupakan syarat untuk menuntaskan semester 4.

5. Mata Kuliah Pilihan
Di setiap semester ditawarkan juga namanya mata kuliah Pilihan yang dapat dipilih secara bebas sesuai dengan minat masing masing untuk memperdalam pengetahuan di dalam bidang tersebut. Wajibnya harus 1 mata kuliah pilihan dalam semester, namun dari kebutuhan masing masing diperbolehkan juga mengambil lebih.

Di Atas merupakan Program studi di universitas cologne dalam jurusan kedokteran.

Lama kuliah kedokteran keseluruhan berkisar 12 Semester, namun faktanya rata rata setiap pelajar di jerman membutuhkan 12,9 Semester untuk menyelesaikan studi kedokteran.



Bagian Studi Kedokteran Umum
Lamanya
Parameter Kelulusan
Tahun sebelum Klinik (Vorklinik)
4 Semester
Physikum
Tahun Klinis (Klinik)
6 Semester
Ujian Tertulis
Tahun Praktek
2 Semester
Ujian Lisan
Total Semester
12 Semester


I. VorklinikBagian ini mencakup 4 semester pertama dari 12 Semester.



Semester
Mata Kuliah Blok
Mata Kuliah Kecil
1
Wintersemester (WS)
Biologi
6 Kompetenzfeld (bidang kompetensi)
Kimia
Pertolongan Pertama (KISS)
Fisika
Individualhygiene (KISS)
Psikologi dan Sosiologi
Komunikasi dokter dengan pasien (KISS)
Terminologi (Latin)
Studipat
Neuroanatomi (Vorlesung)

1 Mata kuliah pilihan

Libur Semeseter
Praktikum Kimia; Pflegepraktikum; ÄP Psikologi dan Sosiologi
2
Sommersemester (SS)
Histologi
4 Kompetenzfeld
Neuroanatomi (Kursus dan Seminar)
Punktionen (KISS)
1 Mata kuliah pilihan
Studipat
Libur Semester
1.Wissenschaftliches Projekt; Pflegepraktikum
3
WS
Makroanatomi (Anatomie terapan)
5 Kompetenzfeld
1 Mata kuliah pilihan
Studipat
Libur Semester
1.Wissenschaftliches Projekt; Pflegepraktikum ;ÄP Anatomie
4
SS
Biokimia
Kernuntersuchungskurs (KISS)
Fisiologi
Studipat
1 Mata kuliah pilihan
3 Kompetenzfeld
Libur Semester
ÄP Biokimia dan fisiologi; Ujian lisan

Setiap mata kuliah blok lumrahnya ditutup dengan satu kali ujian tertulis dan pelajar memiliki kesempatan tanpa batas untuk mencoba sampai lulus.

ÄP (Ärztliche Basisprüfung) merupakan ujian basis kedokteran, yang mencakup 4 ujian tertulis dan 2 mata kuliah lagi yang diuji secara lisan. 4 Ujian tertulis itu yaitu untuk mata kuliah Anatomi (mencakup makro, mikroanatomi); Psikologi dan Sosiologi; Biokimia; dan Fisiologi. ÄP tertulis di uni cologne dapat ditulis secara terpisah, biasanya dalam liburan semester jika mata kuliahnya sudah dituntaskan dalam semester tersebut. Ujian lisan bisa dilakukan hanya di akhir semester 4 daPerbedaan jelas juga dalam sistem ÄP pada universitas kurikulum lama, dulu ujian tertulis dan lisan dilaksanakan pada akhir semester 4 sekaligus.
Penting bahwa ÄP berbeda juga dengan ujian mata kuliah biasa, karena siswa hanya memiliki 3 kesempatan untuk mencoba agar lulus. Jika 3 kesempatan ini sudah dilakukan, namun sayangnya tidak berhasil cukup, maka sanksinya siswa tidak boleh kuliah jurusan kedokteran lagi di universitas manapun di jerman. 



Terimakasih tentunya untuk keluarga yang memberikan inspirasi untuk menulis mengenai tema ini. Semoga info ini bisa membantu dalam pandangan sistem kuliah di jerman.
Kritik ,saran, dan juga pertanyaan pertanyaan tambahan saya terima dengan senang hati.


Sumber :
http://medfak.uni-koeln.de/19810.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

panjang Cerita Persiapan ke Jerman

Hallo! Setelah lama akhirnya bisa posting lagi di blog ini. di postingan kali ini aku mau menceritakan titik awal aku sampai bisa mimpi untuk sekolah ke jerman ya. Awalnya ketika masuk SMA kami mendapatkan 2 pelajaran bahasa asing tambahan, yaitu bahasa mandarin dan bahasa jerman. Bahasa Mandarin menurutku sulit banget, karena walaupun dari SD aku uda belajar mandarin , tapi tetep aja sampai lulus pun gak ada yang terukir di memori ku hahaha. Maklum ya mungkin dulu nakal juga di sekolah belajar bahasa nya ga serius. Tapii pas ketemu pelajaran bahasa jerman aku langsung tertarik banget untuk tau lebih banyak. Di Pertemuan  pertama Frau Wuri (ibu guru bahasa Jerman yang baik) menyampaikan perkenalan dan sekaligus materi dengan cara mengajar yang menarik dan itu semua membangkitkan tentunya semangat kita buat lebih cari tau soal bahasa jerman ini. 🙌 Seiring berjalan waktu secara tidak sengaja aku terus bertabrakan dengan informasi informasi seputar studi di jerman. Dan sampai sek

Wo alles anfing?

Es hatte keinen genauen Anfang. Aber mein Traum ist bis jetzt noch derselbe ,zwar als gute Ärztin in einem Krankenhaus zu arbeiten. Erst als ich Kind war, wollte ich nur in meiner Heimat nah meiner Eltern bleiben und in Indonesien Jura studieren. Aber kam einmal das Gedanken , dass ich den Leuten medizinisch helfen will, da ich mehrmals krank war und meine Eltern belaste,während die Ärzte weder hilfsbereit noch  seriös beim Umgang mit den Patienten  waren . Erst in die Oberschule hatte ich zufälligerweise noch eine Fremdsprache lernen müssen zwar Deutsch. Ganz außergewöhnlich im Vergleich mit anderen Oberschulen, wurde Deutsch in meiner Schule einen Pflicht , kam gleichzeitig wieder den Traum, Arzt-werden und machte mir daraus eine Idee, dass ich nach Deutschland Medizin studieren will. (plötzlich Ungeplante Kombination).  Ich habe meine Eltern gefragt und habe mich erst über das Internet informiert, was quasi vorausgesetzt wird, in Deutschland zu studieren. (natürlich die Sprache